Rabu, 25 Juli 2018

OTOT

OTOT
1. OTOT
Otot adalah sebuah jaringan dalam tubuh manusia dan hewan yang berfungsi sebagai alat gerak aktif yang menggerakkan tulang. Otot diklasifikasikan menjadi tiga jenis yaitu otot lurik, otot polos dan otot jantung. Otot menyebabkan pergerakan suatu organisme maupun pergerakan dari organ dalam organisme tersebut.

B. FUNGSI OTOT
Otot dalam sistem organ manusia sangat mendukung proses pergerakannya. Selain dari paaitu, berikut fungsi lainnya:
  • Menghasilkan gerakan rangka, seperti kontraksi dan relaksasi otot yang menempel pada rangka dapat mengggerakkan rangka
  • Mempertahankan postur dan posisi tubuh, misalnya mempertahankan posisi kepala saat membaca buku, berjalan dengan posisi tegak dan lain sebagianya.
  • Mengatur pintu masuk dan keluar saluran dalam sistem tubuh, misalnya menelan, buang air besar maupun kecil semua hal tersebut dipengaruhi oleh otot rangka yang menyelaputinya.
  • Menyokong jaringan lunak, menggerakkan organ-organ dalam tubuh seperti usus, jantung dan sistem tubuh lainnya.
  • Mempertahankan suhu tubuh, kontraksi rangka memerlukan energidan menghasilkan panas untuk mempertahankan suhu normal bagi tubuh.
  • Sumber: https://www.ilmudasar.com/2016/12/Pengertian-Struktur-Jenis-dan-Fungsi-Otot-adalah.html?m=1
Macam-macam Otot :
1. Otot Kerangka/Otot Lurik
Otot kerangka adalah otot yang melekat pada kerangka. Bagian tubuh kita yang berdaging merupa-kan otot kerangka. Otot ini disebut juga otot lurik, karena jika dilihat dari samping, serabut otot ini memperlihatkan suatu pola serat melintang atau bergaris. Irisan melintang otot ini memperlihatkan beribu-ribu serabut otot. Serabut-serabut itu tersusun dalam berkas-berkas yang sejajar, dan terikat sesamanya oleh jaringan penyambung yang dilalui oleh pembuluh darah dan saraf. Ukuran diameter otot ini 50 mikron dengan panjang 2,5 cm.

 
Contoh otot kerangka adalah otot bisep dan trisep, yang terletak pada lengan atas. Otot ini berbentuk silindris panjang, mempunyai inti banyak yang terletak di tepi. Cara kerja otot ini dan kontraksinya menurut kehendak kita dan di bawah kesadaran kita. Gerakan otot kerangka cepat dan kuat, tetapi mudah lelah. Otot kerangka dapat berkontraksi bila diberikan rangsangan karena diinervasi oleh saraf sadar atau motoris. Rangsangan tersebut bisa berupa panas, kimia, mekanis, dan elektris. Sumber energi untuk kontraksi otot adalah ATP.
2. Otot Polos
Setiap serabut otot polos adalah sel tunggal, berbentuk gelendong dengan satu inti yang terletak di tengah. Sel-sel itu tersusun dalam lembaran. Jika kita lihat di bawah mikroskop cahaya, otot polos tidak memperlihatkan pola lurik melintang. Permukaannya polos. Sel-selnya mengandung filamen tipis maupun tebal aktin dan miosin, dan filamen tersebut tersusun menjadi fibril kontraktil. Otot polos ini dapat berkontraksi secara spontan, terutama dikendalikan oleh neuron motor dari sistem saraf simpatik dan parasimpatik.

 
Kerja otot polos jauh lebih lambat daripada otot kerangka. Otot polos memerlukan waktu 3-180 detik untuk bekontraksi. Perbedaan lain dari otot kerangka adalah kemampuannya untuk tetap berkontraksi pada berbagai panjang. Otot ini bekerja terus-menerus dan tidak dipengaruhi oleh kesadaran dan tidak mudah lelah. Otot polos terdapat pada organ dalam selain jantung, misalnya lambung, usus, ginjal.3. Otot JantungOtot jantung hanya terdapat pada organ jantung saja. Otot jantung terdiri atas serabut lurik. Miofibril otot jantung bercabang-cabang dan mitokondrianya lebih banyak daripada yang terdapat pada serabut otot kerangka. Bentuk otot jantung seperti gelendong dengan inti berjumlah banyak dan terletak di tepi.

 
Cara kerja otot jantung adalah secara terus-menerus dengan ritme atau irama yang tetap, dan tidak dipengaruhi oleh kesadaran, serta tidak mudah lelah.

Pengertian Otot Bisep dan Trisep

Otot Biceps Brachii

Biceps Brachii atau yang dikenal dalam Indonesia adalah otot bisep merupakan otot yang besar berkepala(caput) dua, karena berorigo pada dua tempat yang berbeda. Letak otot bisep ini terdapat pada lengan atas kamu.
2 Caput tersebut ialah :
  • Caput longum (panjang)
  • Caput brevis (pendek)
Otot bisep ini cukup dikenal kok, karena dekat dengan permukaan kulit sehingga mudah untuk dilihat. Biceps brachii ini sering dipertunjunkkan dalam ajang binaragawan dan dapat terus tumbuh membesar dengan latihan beban yang intensif.

Otot Triceps Brachii

Triceps Brachii di Indonesia dikenal sebagai otot trisep. Otot triseps merupakan otot besar berkepala (caput) dengan jumlah tiga, kenapa tiga? Karena berada pada tiga tempat yang berbeda. Letak otot trisep ini terletak sepanjang lengan atas
Bicara mengenai kepala(caput), bagiannya ialah :
  • Caput longum
  • Caput medial
  • Caput lateralis
  • Cara kerja otot bisep dan trisep

    Cara kerja otot bisep dan trisep cukup mudah dimengerti,
    Gambar Otot Bisep Berkontraksi dan Otot Tricep Berelaksasi
    1. Gambar Otot Bisep Berkontraksi dan Otot Tricep Berelaksasi
    Pada gambar di atas jelas menggambarkan saat tangan ditekuk, pada otot bisep akan berkontraksi (membesar) dan otot trisep akan berelaksasi (memanjang).
    Gambar Otot Bisep Berelaksasi dan Otot Tricep Berkontraksi
    2. Gambar Otot Bisep Berelaksasi dan Otot Tricep Berkontraksi
    Pada gambar kedua juga menggambarkan megenai kontraksi dan relaksi. Namun kali ini saat lengan/tangan kamu dilurusin maka otot bisep akan berelaksasi (memanjang) dan otot trisep akan berkontraksi (membesar).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LAPORAN PROSES PEMBUATAN ROKET AIR

LAPORAN PROSES PEMBUATAN ROKET AIR LAPORAN PEMBUATAN ROKET AIR Anggota  Kelompok 3 :  Alifya Nur Hawa           (02) Ayunin...